Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Taraju Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Tingkat Kecamatan pada Pemilihan Umum Tahun 2019

Pembawa Acara, Ibu Yani Suryani (Dokumen taraju.sideka.id-Yani)

 

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Taraju mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif tingkat kecamatan pada pemilihan umum tahun 2019 di aula Kecamatan Taraju. Pada hari Minggu, 25 November 2018.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Taraju, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, dan Ketua Panwascam.

 

Paparan Materi Perwakilan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya (Dokumen taraju.sideka.id-Yani)

Perwakilan Bawaslu Kabupaten dalam paparan materi menyampaikan, pengawasan partisipatif yang dimaksud ialah melibatkan masyarakat untuk menjadi manusia aktif memantau sekaligus mengawasi setiap tahapan pemilu yang berlangsung dalam lingkungannya.

 

Membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci berhasil tidaknya strategi pengawasan, maka diperlukan sosialisasi yang masif dengan stekholder masyarakat, berbagai media dan alat peraga untuk memberitahu masyarakat tentang hak-hak politiknya.

 

Bapak Asep Kuswandi , ketua Panwaslu Kecamatan Taraju menambahkan, mengenai hal yang  boleh dan tidak dilakukan selama pelaksanaan kampanye Pileg dan Pilpres 2019.

 

Di antaranya Kepala Desa beserta perangkatnya dan BPD juga dilarang dilibatkan dan atau terlibat kampanye peserta pemilu dan termasuk melakukan pelanggaran tindak pidana pemilu.

 

Photo bersama peserta Kegiatan sosialisasi partisipatif (Dokumen taraju.sideka.id-Yani)

Berharap dengan diadakannya kegiatan ini, semuanya terhindar dari pelanggaran pidana pemilu dan pelaksanaan pemilu nanti, sesuai harapan kita semua yakni berintegritas, aman dan damai.

Coment atuh

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan