Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa Taraju

Taraju.sideka.id – Rabu, 19 Desember 2018 bertempat di aula Kantor Balai Desa Taraju, Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya telah diselenggarakan Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa Taraju. Dihadiri oleh berbagai elemen, unsur masyarakat, Kepala Desa dan aparat desa, Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Rukun Tetangga, Rukun Warga, Tokoh Masyarakat, Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Taraju, serta dari Pemerintahan Kecamatan.

Pelaksanaan pembinaan aparatur pemerintah Desa menggunakan anggaran Alokasi Dana Desa yang harus dipertanggungjawabkan tentunya. Dengan membayar pajak sebesar 10% (sepuluh persen) kepada BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah).

Adapun tujuan dilaksanakannya pembinaan aparatur pemerintah desa yaitu menambah wawasan/pengetahuan tentang pemerintahan desa serta dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi masing – masing sehingga dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan sebaik – baiknya dan berjalan sesuai aturan.

Sambutan Kepala Desa Taraju, Bapak Doni Mulyono, SH

Kepala Desa Taraju, Bapak Doni Mulyono,SH memaparkan bahwa dalam menentukan lembaga kemasyarakatan yang dilakukan secara musyawarah, kita sebagai pemilih harus memikirkan secara matang. Terutama harus memiliki rasa tanggung jawab, mampu terhadap tugas pokok dan fungsi, akuntabel, serta transparansi. Mampu bekerjasama dalam membangun desa.

Adapun Tugas Rukun Tetangga (RT)  yaitu Pendataan penduduk, Pemeliharaan keamanan lingkungan, Harus punya wawasan yg membangun/gagasan dalam pembangunan, serta Harus ikut serta dalam gotong royong. Dan anggaran untuk Tahun 2019 yaitu sebesar 997.996.000,-

Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Bapak Deni Irawan juga memaparkan tentang akhir masa jabatannya pada 31 Desember 2018 mohon maaf apabila ada kekurangan serta ketidakmampuan selama menjabat. Harapan agar kepengurusan Badan Permusyawaratan Desa yang baru dapat lebih mampu terhadap tugasnya, jangan malu untuk bertanya, kami tidak lepas tangan, karena kami siap membantu.

Suasana rapat pembinaan aparatur Pemerintah Desa Taraju

Selanjutnya Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Taraju memaparkan tentang hasil inovasi masyarakat Desa Taraju yaitu wisata hutan pinus Desa Taraju yang harus dikembangkan, dibenahi. Mulailah berfikir Kreatif, inovatif, lebih maju, serta berfikir untuk pemanfaatan alokasi dana desa agar dimanfaatkan untuk sarana dan prasarana yang dapat memberikan manfaat lebih untuk masyarakat Desa Taraju.

Coment atuh

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan