Pengajian Rutin Bulanan Kp Panggungsari Desa Taraju

Taraju.sideka.id – Pada Hari Kamis, tanggal 03 Januari 2019 telah diselenggarakan pengajian bulanan Kp Panggungsari RT 013 RW 003 Desa Taraju, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya. Bertempat di Mesjid At – Tawakal Panggung sari, Desa Taraju, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya. Dihadiri aparat desa taraju, tokoh masyarakat, pengurus BUMDes, serta warga desa Taraju.

Pembawa acara selaku Kepala Dusun Panggung sari, Desa Taraju, Bapak Ade Saeful Malik memimpin acara dengan ucapan basmalah bersama – sama.

Selanjutnya lantunan ayat suci Al-Quran oleh saudari Rima Adawiah.

Sambutan Kepala Desa Taraju, Bapak Doni Mulyono, SH

Selanjutnya sambutan dari Kepala Desa Taraju, Bapak Doni Mulyono, SH yang menuturkan bahwa pembagian bantuan pangan non tunai yang dilaksanakan bulan Desember berjalan dengan lancar. Namun, sangat disayangkan kualitas beras dan telur nya kurang baik.

Selanjutnya pembacaan ayat suci al – qur’an. Lanjut ke acara pokok yaitu tausiah dari Ustadz Wawa, dengan tema tentang “Tauhid”.

Suasana pengajian di Kp Panggungsari, berjalan lancar

Tauhid adalah konsep dalam aqidah Islam yang menyatakan keesaan Allah. Pembahasan dalam ilmu Tauhid dibagi menjadi 3 macam yakni tauhid rububiyah, uluhiyah dan Asma wa Sifat. Mengamalkan tauhid dan menjauhi syirik merupakan konsekuensi dari kalimat syahadat yang telah diikrarkan oleh seorang muslim.

Tauhid Rububiyah adalah mengesakan Allah dalam tiga perkara yaitu penciptaan-Nya, kekuasaan-Nya, dan pengaturan-Nya.

Sedangkan Tauhid Uluhiyah adalah Haq Allah sebagai Ilah, kesatuan ketaatan pada kehendak Allah dijabarkan pada Uluhiyah yang dilaksanakan di Alam Semesta.

Pada pelaksanaan di alam psiko-sosial manusia, Uluhiyah dinyatakan dalam bentuk satunya ketaatan manusia pada kehendak Allah dan Rasul-Nya. Kesatuan ini tercapai hingga kehendak Allah menjadi kehendak manusia pula, segala pekerjaan atau program manusia merupakan cermin pekerjaan Allah. Inilah esensi dari Tauhid. Pengesaan terhadap nama-nama dan sifat-sifat Allah.

Tauhid Asma’ was Shifat merupakan bagian dari mentauhidkan (mengesakan) Allah dalam akidah Islam. Tauhid ini merupakan bentuk penerapan pengesaan dari makhluk terhadap Allah mengenai nama-nama-Nya dan sifat-sifat-Nya, yang mana nama-nama dan sifat-sifat ini telah diatributkan oleh-Nya sendiri.

Semoga kita dapat meningkatkan amal ibadah kita, serta dalam ridho dan lindungan Alloh SWT.

Terakhir, berdo’a bersama – sama dan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas kelancaran acara pengajian bulanan Kp Panggung sari RT 013 RW 003, Kedusunan Panggung sari, Desa Taraju.

Coment atuh

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan